Tutorial Lengkap Cara Menginstal Windows 7

Cara Menginstal Windows 7,-Belajar Cara Menginstal Windows 7, windows 8 atau windows xp tidaklah susah. Dan tentu saja menjadi suatu kebanggan bagi kita jika sudah bisa menginstal laptop/pc sendiri dengan sistem operasi yang sesuai dengan keinginan. Sekaligus menghemat pengeluaran untuk membayar jasa tukang instal.
 
Jika benar-benar sudah mahir dan telaten tentu bisa menjadi sumber penghasilan. Dan kabar baiknya, untuk menjadi seorang yang mahir menginstal laptop/pc tidaklah sulit. Yang penting memiliki kemauan belajar, punya peralatan perang untuk menginstal, dan paham dengan setingan bios.


Tutorial Lengkap Cara Menginstal Windows 7
Namun pada artikel ini, kita tidak akan membahas tentang peralatan perang, namun lebih terfokus pada cara menginstal windows 7 yang benar sesuai dengan judul artikel kita diatas. Baiklah tanpa banyak basa-basi berikut ini tutorial cara menginstal windows 7 pada laptop/pc :
  1. Tetapkan dahulu sebelum menginstal, Anda akan menggunakan flashdisk atau optical drive (DVD) untuk menginstal. Jika menggunakan flashdisk baca tutorial cara membuat dual boot windows 7 dan windows xp ke flashdisk (Catatan tutorial ini juga bisa untuk singel boot flashdisk).
  2. Masukkan DVD Windows 7 ke optical drive atau jika menggunakan usb flashdisk colokkan usb bootable windows 7 ke port usb
  3. Ganti seting boot bios sesuai dengan sources atau sumber sistem operasi yang akan sobat instal. Contoh Anda ingin menginstal windows 7 dari dvd berarti first boot biosnya ganti dengan dvd, begitu juga jika Anda menggunakan media lain seperti flashdisk ganti first boot biosnya ke flashdisk. Untuk masuk ke setingan bios restart laptop/pc Anda, kemudian lihat instruksi di layar tombol mana yang harus kita tekan untuk masuk ke setingan bios. Standar PC biasanya tombol DEL, Laptop/Netbook Axioo, Acer, dll biasanya tombol F2, HP Compaq biasanya tombol ESC. Dan ada juga beberapa laptop/pc yang mempunyai tombol cepat untuk mengganti first boot biosnya, dengan menekan tombol F12, lalu pilih menu boot yang akan kita pakai, misal flashdisk atau optical drive (DVD).
  4. Tutorial Lengkap Cara Menginstal Windows 7
    Contoh cara menseting bios untuk first boot dari DVD
    Tutorial Lengkap Cara Menginstal Windows 7
    Pada menu Boot, pilih Boot Device Priority->First Boot Device pilih CDROM lalu exit dan simpan setingan bios
  5. Jika Anda memilih menginstal lewat DVD dan sebelumnya sudah pernah menginstal OS Windows apa saja di Laptop/PC tersebut maka, selesai menyimpan setingan bios otomatis Laptop/PC Anda restart sendiri. Pada saat kembali menyala Anda akan melihat pesan "Press any key to boot from CD or DVD" maka yang harus Anda lakukan adalah menekan sembarang tombol di keyboard satu kali untuk masuk ke Jendela Install Windows 7 setelah loading selesai
  6. Jika pada laptop/pc Anda belum berisi system alias masih baru dan belum di isi atau di isntall sistem operasi sebelumnya maka secara otomatis Anda akan langsung berapa di Jendela Install Windows 7 setelah loading selesai
  7. Jika Anda menginstal lewat flashdisk maka yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memilih menu instal windows 7 dengan menekan enter, lalu tunggu loading selesai, Anda akan di bawa ke Jendela Install Windows 7 
  8. Tutorial Lengkap Cara Menginstal Windows 7
    Tampilan Awal Jendela Install Windows 7
  9. Klik Next aja, namun sebaiknya sebelum itu "Time and currancy format"nya di sesuaikan dulu
  10. Muncul jendela baru langsung klik "Install Now" aja.
  11. Pada Jendela Install berikutnya checklist "I accept the license terms" setelah itu klik Next
  12. Langkah-langkah Menginstal Windows 7
    Tampilan perjanjian lisensi Install Windows 7
  13. Maka muncul pilihan menu Upgrade dan Costume (Advance), langsung aja klik yang costum
  14. Cara Mudah Menginstal Windows 7
    Tampilan pilih custom instal windows 7



  15. Maka akan muncul menu partisi harddisk, pilih "Drive Option" lalu klik New jika baru pertama kalinya laptop/pc tersebut diinstal (masih dalam keadaan baru dan belum ada sistem operasi). Buat partisi baru sesuai keinginan Anda, mau 1,2 atau 3 partisi ngak masalah selama harddisk laptop/pc tersebut mempunyai kapasitas yang cukup besar. Besarnya kapasitas partisi di set dalam satuan MB (Mega Byte), soo jika Anda ingin membuat partisi pertama, kedua, ketiga,dst. sebesar 50GB Anda harus memasukkan nilai 50x1024MB=51200MB. Biar ngak ribet set aja misalnya 50000MB, 100000MB, dsb. Lihat pada gambar, saya hanya mencontohkan pembagian partisi dengan harddisk kurang-lebih 24GB

  16. Step by step Menginstal Windows 7
    Membuat partisi saat pertama kali di install windows 7
    Langkah Mudah Menginstal Windows 7
    Setelah menentukan besarnya kapasitas partisi pertama langsung klik Apply, nanti akan keluar pesan konfirmasi untuk membuat partisi dan partisi tambahan untuk boot system (system reserve) langsung klik OK aja. Lakukan hal yang sama pada partisi berikutnya namun tidak lagi ada pesan konfirmasi pembagian partisi pada partisi yang kedua, ketiga, dst.
    Mahir Menginstal Windows 7
    Klik pada Unallocated Space, klik New, set kembali besarnya partisi yang akan dibuat lalu klik Apply.
    Belajar Menginstal Windows 7
    Selesai mempartisi langsung klik Disk 0 Partition 2 dan klik Next
    Cepat Pandai Menginstal Windows 7
    Proses instal windows 7 sedang berjalan, tunggu proses tersebut selesai. Begitu proses mencapai 100% laptop/pc akan restart dengan sendirinya, Anda tinggal duduk santai tanpa melakukan apa-apa sembari menunggu proses kedua juga selesai.



  17. Namun ada sedikit pengecualian khusus untuk Anda yang menginstal lewat flashdisk. Jika proses Completing installation selesai dan pc/laptop Anda restart dengan sendirinya, Anda harus kembali merubah setingan first boot bios ke harddisk.
  18. Pengecualian yang lainnya ialah jika Anda menginstal pada laptop/pc yang sudah pernah di instal atau di isi sistem operasi Anda tidak perlu lagi mempartisi ulang, seperti pada poin 11 diatas. Langsung saja pada saat mengklik "Drive Option" klik/pilih partisi system yang lama misalnya "Disk 0 Partition 2" lalu klik Format-OK-lalu langsung aja klik Next maka proses instal windows 7 telah berjalan, tunggu proses sampai selesai (sama dengan proses terakhir point 11)
  19. Setelah proses selesai maka akan muncul jendela yang meminta kita untuk mengisikan username dan password isi suka-suka aja sesuai keinginan Anda lalu klik Next.
  20. Trik Menginstal Windows 7
    Isi username Windows 7 lalu Next
    Cepat Mahir Menginstal Windows 7
    Password boleh di isi boleh juga di kosongkan lalu klik Next
  21. Langkah selanjutnya adalah mengisikan lisensi (Product key) Windows 7, jika Anda tidak punya lisensi Asli lewatkan saja langkah tersebut dengan menghilangkan centang "Automatically Active Windows When I'm online"
  22. Cara-cara Menginstal Windows 7
    Hilangkan checklist Automatically Active Windows When I'm online lalu klik Next



  23. Terakhir abaikan otomatis update windows dengan memilih "Ask me latter" dan set Time Zone dengan Bangkok, Hanoi, Jakarta.
Cepat Ahli Menginstal Windows 7
Abaikan otomatis update dengan memilih "Ask me later"
Mudahnya Menginstal Windows 7
Pilih zona waktu Bangkok, Hanoi, Jakarta lalu klik Next
Cara mudah instal Windows 7
Welcome to Windows 7 Ultimate
Corngratulation..!!! Anda sudah berhasil Menginstall Windows 7 di laptop/pc, sekarang tinggal aktivasi Windows 7 agar menjadi full version, karena versi yang saat ini terinstall adalah free license selama 30 hari. Saya tidak akan menjelaskan langkah aktivasi windows 7 agar menjadi full versi pada artikel ini, insya'allah jika masih ada kesempatan posting next time di artikel berikutnya.

O ya sobat pengunjung setia ITneT Padang, jangan lupa menginstall software yang diperlukan dan drivernya ya sob, ntar abis di install ngak bisa di pake apa-apa lho :D


3 komentar:

  1. sangat menarik infonya..
    blog agan dah q follow di followback ya di http://pixmasoftware.blogspot.com/
    trims....

    BalasHapus

Komentar di blog ini dimoderasi sebelum ditampilkan,
Soo..jika ingin komentarnya di tampilkan jangan:
1. Spam
2. Junk
3. Sara
4. Dll yang melanggar

Google+ Followers

DMCA.com